Bulog Menjawab Keresahan Harga Jagung Petani dan Siap Beli Dengan Harga Yang Wajar

 

Kupasbima.com_DompuNTB. Aksi permintaan kenaikan harga jagung tiap daerah baik di Kabupaten Bima, Kota Bima maupun Dompu terus berlanjut bahkan sampai terjadi gejolak ekonomi yang cukup luar biasa dirasakan oleh para petani jagung tersebut.

Menanggapi hal tersebut pemerintah daerah sudah melakukan berbagai hal sesuai dengan mekanisme atau tatacara yang berlaku. Seperti di Kabupaten Bima, Kota Bima dan juga Kabupaten Dompu telah melayangkan surat ke BAPANAS di Jakarta.

Sementara, Pemerintah sendiri melalui BUMN yang ditangani langsung oleh Bulog telah berupaya secara maksimal untuk menjawab keluhan masyarakat petani jagung kini telah membuka ruang dengan membeli atau menyerap langsung hasil jagung para petani dengan standar harga yang telah ditetapkan oleh BAPANAS.

Saat ini di CDC Bulog Kampasi Meci Kabupaten Dompu kini telah berlangsung proses pembelian jagung para petani dan hal tersebut juga telah banyak masyarakat yang mengetahuinya. Pembelian jagung basah tersebut dilakukan dengan harga yang wajar.

Menjawab keluhan para petani tersebut, saat ini antrian panjang truk pengangkut jagung para petani sampai puluhan truk. Rabu (24/4/2024) pagi tadi.

Kepala Kantor Bulog Cabang Bima, Kurnia Rahmawati yang dimintai keterangannya oleh awak media menyampaikan, Untuk keperluan Commisioning test Corn Drying Center di Dompu, kami melakukan penyerapan jagung basah yang (KA > 17%) dengan harga 4.200/Kg (rafaksi) sesuai kententuan BAPANAS mulai tanggal 19 April. "Untuk saat ini jumlah yang sudah terserap oleh kami di Bulog dari 19-23 April 2024 sebanyak 658.480 Kg atau total yang sudah terserap dari awal commisioning test (18 Maret-23 April 2024) sebanyak 1.826.880 Kg," Jelas Kepala Bulog.

Kata dia, Untuk penyerapan jagung skema komersial, penyerapan mulai tgl 18 April KA maks 14% harga 4500 (inc pph 22).

"Jumlah yang sudah terserap sampai dengan tgl 23 april sebanyak 377.300 Kg," lanjutnya.

Hasil serapan jagung para petani oleh Bulog ini nantinya akan dilakukan penjualan secara komersial maupun akan dikerjasamakan dengan peternak yang ada di pulau Jawa. Masyarakat Bima Dompu bisa langsung membawa jagung dengan persyaratan sesuau ketentuan ke gudang Bulog  di Dorotangga, Bolo dan Jatiwangi atau di CDC bulog Manggalewa Dompu. (KB 001*/imink)

Posting Komentar

0 Komentar