Perum Bulog Cabang Bima Pastikan Stok Pangan Aman Sampai Januari 2024

 

Kupasbima.com_KotabimaNTB. Perum Bulog Kantor Cabang Bima pastikan cadangan pangan berupa beras akan mencukupi sampai Januari 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Pimpinan cabang (Pincan) Bima Kurnia Rahmawati, S. TP saat ditemui langsung media ini di ruang kerjanya usai zoom meeting dengan pusat. Selasa 5/12/23 siang.

Berdasarkan ungkapan Kepala Perum Bulog Bima, bahwa bantuan pangan untuk tahun ini akan dialokasikan Desember. Guna memastikan keberadaan stok pihaknya akan melakukan pengecekan kualitas pangan di gudang bersama dinas Ketahanan pangan, dinas sosial dan tansporter dar PT DNR sebagai suplayer.

"Usai pengecekan kualitas barang secara bersama, Insa allah akan dilakukan pendistribusian hari Kamis ini untuk kota Bima," Urainya.

Lanjut Kurnia, Untuk Kota Bima akan dibagikn kepada 14.982.000 penerima bantuan pangan dan masing-masing PBP akan menerima 10 Kg.

Sementara untuk pendistribusian wilayah Kabaputen Bima dan Kabupaten Dompu rencananya akan dilaksanakan Senin pekan depan. Disisi lain guna menekan laju inflasi harga sembako di pasar rakyat, Pemerintah bersama Perum Bulog terus melakukan operasi pasar secara rutin dan dilakukan setiap hari selasa dan kamis tiap minggunya sampai tanggal 28 Desember 2023 mendatang.

Disinggung terkait jumlah Stok pangan daerah saat ini,? Pimpinan cabang Perum Bulog Bima sampaikan, Stok pangan saat ini masih 2.300 ton dan itu artinya cukup sampai Januari 2024.

Guna mengatasi kekurangan stok pangan daerah, Perum Bulog Bima terus mengacu pada program presiden untuk memastikan tidak terkendala stok pangan maka pihaknya akan ada tambahan stok sebanyak 2.000 Ton dalam bulan Desember ini.

"Guna memastikan tersedianya stok pangan, pihak kami akan mendatangkan beras dari luar daerah sebanyak 2.000 ton, tepatnya dari Jawa Timur (Jatim) pada Bulan Desember ini," Jelas Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Bima, Kurnia Rahmawati, S.TP kepada media ini.

Lebih lanjut pimpinan Perum Bulog Bima mengaku pihaknya mendatangkan beras dari luar daerah, karena proses panen para petani di tiga daerah yakni Kabupaten Bima, Dompu dan Kota Bima tahun 2024 mendatang dipastikan mundur dengan keadaan cuaca saat ini.

"Biasanya petani kita ditiga daerah tersebut selama ini masuk musim panen akan dilakukan pada Maret sampai april, tapi tahun depan diprakirakan musim panen akan dilakukan pada Bulan Mei," Tambahnya.

Diharapkan musim tanam tahun ini berjalan baik tanpa kendala atau bencana untuk para petani kita, sehingga stok pangan ini bisa sampai musim panen tiba.

"Semoga stok pangan kita akan tetap tersedia sampai masanya panen tiba, juga para petani kita dapat pesta panen dengan maksimal". Tutupnya. (KB !mink*/Red)

Posting Komentar

0 Komentar