KPU Kab. Bima Ikut Bimtek P2R Hasil PS dan Penggunaan Sirekap Pemilu 2024

 

Kupasbima.com_BimaNTB. KPU Kabupaten Bima mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penggunaan Sirekap Dalam Pemilu Tahun 2024, Bandung, Sabtu (25/11/2023).

Acara dibuka oleh Anggota KPU Idham Holik dan Betty Epsilon Idroos didampingi Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima. 

Idham pada pembukaan mengingatkan, bahwa isu electoral fraud atau electoral manipulation selalu muncul pada setiap kali pelaksanaan Pemilu. Oleh karena itu, penggunaaan Sirekap ini merupakan moment of the truth, momen di mana dapat membuktikan bahwa pemungutan dan penghitungan suara akan lebih baik, lebih transparan karena didukung oleh sistem yang komputerisasinya jauh lebih baik.

Sementara Betty dalam pengarahannya menyampaikan, bahwa Sirekap juga menjadi penting karena akan menerapkan transformasi keterbukaan informasi di TPS, KPU akan menyiapkan data 100% untuk kepentingan publikasi bagi publik.

Sementara itu Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima juga menyampaikan, bahwa Sirekap sudah pernah diterapkan pada Pilkada Tahun 2020, cara operasionalnya masih sama, tapi ada beberapa hasil evaluasi pada waktu pilkada diperbaiki untuk menjadi lebih baik.

Turut hadir pejabat eselon II Setjen KPU, KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota sebagai peserta. (KPU KB 000*/red). 

Posting Komentar

0 Komentar