Sekda Kabupaten Bima Tinjau Langsung Infrastruktur Rusak Pasca Banjir Bersama PUPR, BWS dan Bappeda

 

Kupasbima.com_BimaNTB. Banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Bima juga berdampak pada rusaknya sebagian sarana dan prasarana, seperti infrastruktur jalan, arus air seperti sungai dan juga tanggul bronjong sehingga wilayah terendam. Rabu (5/4/23) sore.

Menindaklanjuti hal tersebut, Sekda Kabupaten Bima usai rakor langsung terjun ke lokasi yang dianggap rawan meluapnya air seputar ibu kota Kabupaten Bima yang didampingi langsung oleh sejumlah kepala dinas antara lain, Kepala Dinas PUPR Suwandi, ST MT, Kepala Dinas Bappeda Ir Taufik, juga Kepala BWS Nusa Tenggara.

Pantauan langsung media ini dilapangan, Sekda tegas memerintahkan kepada seluruh perangkat daerah yang berkompeten dengan masalah yang terjadi akibat banjir untuk segera lakukan perbaikan tanggap darurat.

Adapun sejumlah perangkat yang digerakka sekda yakni PUPR, BWS dan Beppeda untuk meninjau kerusakan berdasarkan hasil laporan camat khususnya daerah atau lokasi terparah hancurnya infrastruktur.
"Mulai besok semua perangkat daerah yang telah mendengarkan laporan camat, lakukan pendataan dan rapatkan langkah apa yang segera untuk ditangani. Khusunya skala prioritas kebutuhan masyarakat yang mendasar," Pinta Sekda.

Kata Sekda, upayakan secara cepat dan maksimal terhadap keadaan infrastruktur khususnya Dinas tehnis.
"Diingatkan kepada PUPR, BWS, PERKIM dan Bappeda segera tangani," Perintahnya.

Lanjut Sekda HM Taufik HAR, M. Si, sambil kita berkoordinasi dengan pihak terkait menyangkut batas kewenangan masing-masing, kita utamakan dulu yang bisa dilakukan oleh daerah sesuai regulasi.
"Adapun wilayah yang harus diutamakan penanganan hasil rakor yakni Kecamatan Lambitu, Monta, Woha, dan Palibelo," Terang Sekda.

Terdengar jelas laporan semua camat bahwa itulah data terparah untuk sementara ini. Hasil rakor ini dipastikan akan kami laporkan juga kepada Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putr, SE.

Rakor saat ini untuk segera melakukan upaya perbaikan infrastruktur tanggap darurat sesuai dengan instruksi Bupati Bima tentang penanganan pasca banjir.
"Bupati Bima menginstruksikan secara langsung penanganan infrastruktur pasca banjir," Jelas Sekda.

Sementara Kepala dinas PUPR Kabupaten Bima Suwandi ST MT juga dimintai komentarnya saat mendampingi Sekda menambahkan, penanganan sementara infrastruktur yang memerlukan penanganan tanggap darurat khususnya yang terdampak banjir, pihaknya akan melakukan survey dulu untuk mengetahui tingkat kerusakan infrastruktur pasca banjir.
"Setelah diketahui baru dapat kami tangani sesuai dengan jenis kerusakan dan anggaran yang tersedia dan survey akan dilaksanakan mulai hari ini,” jelas Wandi. (KB 001*/imink). 

Posting Komentar

0 Komentar