Desa Waduwani Sukses Lakukan Rapat Musrembangdes

 

Kupasbima.com_BimaNTB. Bertempat di aula kantor Desa Waduwani Kecamatan Woha Kabupaten Bima berlangsung rapat Musrembangdes/Musdes RKPdes bertujuan menampung aspirasi masyarakat terkait pelaksanaan pembangunan Desa. Rabu (1/02/23) sekitar pukul 10.00 pagi.

Rapat Musrembangdes tersebut dihadiri Kasi Fispra Trisna Andriani SE, Kades Waduwani Hery M.Taher, Ketua BPD Bustamin S.Pd dan anggota, Babinsa Serda Ruslan, Babinkamtibmas Briptu Imam Banurusman, Babin Trantibum Juanda, Pendamping desa Kecamatan Awaluddin ST, Unsur RT dan RW, Lembaga LPMD, Toga dan Toma.

Kades Waduwani Hery M. Taher dalam sambutannya menyampaikan, hari ini kita semua hadir guna mengikuti acara musrembangdes. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada camat woha yang diwakili Kasi Fispra serta seluruh tamu undangan baik pemerintah desa maupun seluruh unsur yang ada dan telah hadir.

"Sebelum Musrembangdes ini dilkaukan, kami telah lebih awal melakukan musdus pada tiga dusun, berikan dukungan serta suportnya terhadap kami pemerintah desa terkait apa saja kebutuhan masyarakat yang perlu diprioritaskan. Berhubung saat ini tahun pertama saya selaku kades menjalankan tugas setelah di Lantik," Terang Hery.

Sebagai Kades yang baru dilantik dan tahun pertama juga melakukan Musrembangdes, tentu kami sangat mengharapkan masukan serta dukungan kepada seluruh elemen yang terlibat demi tercapainya program pemerintah yang optimal atau maksimal. 

"Saya mengajak seluruh elemen untuk tetap bekerjasama serta saling mendukung apa yang menjadi program kerja Pemdes, itu semua demi membangun ke arah yang lebih baik dan maju sehingga dapat merubah wajah Desa Waduwani kedepannya," Ajaknya.

Sementara untuk lebih detailnya arah Musrembangdes ini nanti akan disampaikan secara langsung oleh pihak kecamatan dan pendamping desa terkait apa yang menjadi inti kegiatan kita hari ini.

Kasi Fispra dalam kesempatan lebih awal menyampaikan salam takzim dari Camat dengan Sekcam karena saat ini beliau berdua tidak dapat bersama kita karena ada agenda penting di aula kantor camat woha.

"Kami sampaikan terkait Musrembangdes atau Musdes ini adalah kelanjutan daripada program kerja pemerintah yang sebelumnya," Urai Trisna.

Lanjutnya, Terkait penerima BLT lanjutan itu semua telah terdata di pihak Kabupaten. terkait isu stunting jika belum terealisasi pada MUSDES ini maka silakan berikan usulan pada musrembang kecamatan. Untuk jalan raya agar kiranya pak kades dapat mengusulkan pada musrembang kecamatan pada tahun kerja 2024 nantinya.

"Kami berharap pemerintah desa agar dapat melirik serta bekerja maksimal untuk bagaimana desa waduwani ini dapat maju satu langkah kedepannya," Harapnya.

Sementara pendamping desa Awaluddin ST menyatakan, pada hari ini kita mengikuti kegiatan Musrembangdes sekaligus Musdes guna penetapan apa yang menjadi usulan yang harus di kerjakan pada tahun 2023 sesuai dengan rancangan telah selesai kami susun.

Dengan demikian Peraturan PMK masih mengacu pada tahun lalu. Data P3K yaitu BLT akan ada musyauwarah lanjutan apa layak atau tidak untuk mendapat bantuan tergantung Verifikasi desa yaitu 10% dari anggaran. 

"Ini adalah kebijakan nasional yang wajib kita jalankan karena dana dari pusat wajib kita ikuti apa yang menjadi perintah pusat guna mengurangi angka kemiskinan di seluruh wilayah Indonesia dan akan di SK-kan oleh Bupati sesuai SOPnya," Terang Awaluddin.

Disisi lain terkait program kerja pemerintah  Desa Waduwani tahun ini akan dilanjutkan pekerjaan GSG berupa keramik dengan anggaran Rp 120 Juta, Masjid Rp 150 Juta untuk pembangunan dinding berupa kusen dan kaca, Pembangunan Gerabah dalam hal ini ketahanan pangan dan juga giring-goring gang.

Rapat Musrembangdes ini dilaksanakan berdasarkan peraturan menteri keuangan nomor 201/PMK.07/2022 tentang pengelolaan dana desa dan peraturan Bupati Bima nmr 45 Tahun 2022 Tentang pedoman penyusunan rencana kerja pemerintah desa tahun 2023. (KB 000*/Red).

Posting Komentar

0 Komentar