MAPALA "Londa" STKIP Bima Inisiasi LATGAB Caving

 

Kupasbima.com_KobiNTB. MAPALA "Londa" STKIP Bima Menginisiasi Latihan Gabungan (LATGAB) penelusuran goa (Caving) bersama Mapala dan Sispala Se-Kota dan Kabupaten Bima, Sejumlah 20 Peserta dari MAHAPETA STIE Bima, MAPATA STIPAR Soromandi, SAPALA SMA N 2 Woha, Sispala Doro Tuki SMAN 1 Lambitu dan juga dari mahasiswa STKIP Bima ikut Melibatkan diri dalam Latgab di wilayah Kars yang berlokasi di Goa Ama Seo keluhan Oi fo,o Kecamatan Rasa Nae Timur Kota Bima selama 2 hari dari tanggal 06 s/d 07 Agustus 2022.

Ketua Mapala Londa STKIP Bima Mashudin menyatakan kegiatan Latgab bagus untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan pecinta alam tkhususnya pada ilmu caving atau penelusuran gua mau itu pecinta alam tingkat SMA (SISPALA) alam tingkat perguruan tinggi (MAPALA), LATGAB ini juga merupakan bentuk realisasi program kerja kami pada devisi caving.

Berbagai hal yang kami pelajari dalam kegiatan LATGAB penelusuran goa selain meneliti keindahan yang ada dalam perut bumi yang terutama sekali iyalah membina dan mengasah mental juang, semangat solidaritas sesama pecinta alam khusus pada SISPALA yang belum sepenuhnya mengerti tentang kepecinta alaman terutama ilmu penelusuran Goa (caving).

Kata Mashudin, sedikit menjelaskan kondisi goa "Ama Seo" tempat latihan selain keindahan dengan ornamen ornamen goa yang sangat bagus, tapi gua tersebut juga tidak terlalu beresiko bagi keselamatan pemula seperti adik-adik dari SISPALA," ungkap ketua umum MAPALA "Londa" STKIP Bima. Sabtu (7/8/22) Pukul 10.00 Wita.

Iya juga melanjutkan bahwa goa juga bisa menjadi pilihan untuk tempat penelitian karena masih banyak keindahan-keindahan di dalam perut bumi (goa) mulai dari keindahan ornamen juga flora dan fauna yang hidup di dalam goa tersebut. 

"Gua bisa dijadikan tempat penelitian ilmiah, karena keindahan serta flora dan fauna dalam gua juga banyak," Urainya.

Banyak sekali goa yang ada sekitar Rasa Na,e Timur Kota Bima dari dulu sudah menjadi tempat pelatihan dan kegiatan eksplorasi goa bahkan di wilayah tersebut sudah senior-senior kami tetapkan sebagai wilayah Kars yang harus di jaga secara bersama. 

"Goa sekitar wilayah Rasa Nae Timur itu kawasan kars yang harus tetap dijaga keasliannya. Itulah pesan yang pernah dititipkan para senior kami". Tutup Mashudin Mahasiswa asal Lambu ini saat di konfirmasi oleh kru media ini. (KB 002*/Haris).

Posting Komentar

0 Komentar