Kapolda NTB : Vaksinasi Kabupaten Bima Luar Biasa

 

BimaNTB_Kupasbima.com. Gebyar vaksinasi berhadiah tingkat Kabupaten Bima yang diselenggaran di area kantor Bupati Bima di Godo Desa Dadibou Kecamatan Woha dihadiri langsung Kapolda NTB. Sabtu (5/3/22) pagi.

Kehadiran Kapolda NTB dalam hal ini guna menyaksikan secara langsung gebyar vaksinasi di Kabupaten Bima dalam upaya memenuhi capaian target sesuai dengan perintah pemerintah pusat.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Bima menyampaikan terima kasih atas kehadiran Kapolda NTB serta yang telah memerintahkan seluruh perangkatnya secara serentak melalui Kapolres Bima dan juga Kapolres Bima Kota di Kabupaten Bima.

"Tidak ada masalah yang tidak mampu kita selesaikan kalau kita mengerjakannya secara bersama-sama," cetus Bupati.

Lanjut Bupati, Kehadiran Kapolda NTB saat ini untuk mrnyaksikan secara langsung antusiasme masyarakat Kabupaten Bima dalam upaya vaksinasi melalui gebyar vaksinasi berhadiah. 

"Kapolda ucapkan terima kasih atas kerjamasama pemerintah dan msayarakat kabupaten bima atas capaian terhadap vaksinansi," urai Bupati saat konferensi pers bersama Kapolda NTB, Dandim 1608/Bima, Kapolres Bima Kota dan Ketua DPRD Kabupaten Bima.

Sementara Kapolda NTB, Irjen Pol Djoko Poerwanto, S.I.K., M.H., dalam sambutannya menyatakan, capaian Vaksinasi di Kabupaten Bima meningkat secara signifikan, dengan adanya upaya percepatan vaksinasi yang dikebut selama 14 hari terakhir ini.

"Untuk skala NTB, capaian vaksinasinya sebesar 94,95 % untuk Dosis 1, dan 73,22 % Dosis 2, dan 3,53 % Dosis 3," jelas Kapolda.

Sementara untuk Kabupaten Bima sendiri, sebelum upaya percepatan vaksinasi dikebut, capaian untuk Dosis 1 sebesar 75,33 %, Dosis 2 sebesar 30,06 %, dan 0,64% untuk Dosis 3. Namun berkat adanya upaya percepatan vaksinasi digencarkan, capaian vaksinasinya meningkat. Dimana untuk Dosis 1 meningkat menjadi 87,23%, Dosis 2 menjadi 70,70%, dan Dosis 3 menjadi 3,75%.

"Terjadi peningkatan laju vaksinasi Kabupaten Bima yakni dosis 1 sebesar 11,90%, Dosis 2 sebesar 40,64%, dan Dosis sebesar 3,11%," urai Kapolda.

Ketika disinggung salah satu rekan wartawan, Apakah ada langkah atau strategi khusus yang dilakukan pihak polda dalam meningkatkan laju vaksinasi Kabupaten Bima?.

Kapolda yang merupakan Jenderal Polisi Bintang 2 lulusan akpol tahun 1989 ini langsung menanggapi bahwa ini langkah-langkah dan stratgis yang dilakukan pihaknya yakni :

Pertama dengan menurunkan Satgas percepatan laju vaksinasi Provinsi NTB untuk berkordinasi dan berkolaborasi dengan Pemkab Bima.

Kedua, memahami anatomi vaksinasi dalam menentukan strategi (sasaran, target, inovasi) sebagai percepatan laju vaksinasi

Ketiga, mengoptimalkan Batalyon Vaksinator dan Batalyon P-Care. 

Keempat, menerjunkan langsung PJU Polda NTB selaku Pamatwil di Tingkat Kecamatan.

Kelima, pemberian stimulus, sosialisasi dan edukasi kepada kepada masyarakat sebagai sasaran Vaksinasi.

Keenam langkah strategis yang melibatkan sejumlah pihak itulah, kata Kapolda yang memungkinkan terjadinya peningkatan laju capaian Vaksinasi di Kabupaten Bima dan terakhir, vaksinasi dilaksanakan setiap hari.

Lanjutnya, Karena itu Kapolda mengungkapkan ucapan terima kasihnya atas peran serta Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti, SE, beserta jajarannya, FKPD Bima, Toga, Toma, pejuang vaksinasi, dan terkhusus masyarakat Kabupaten Bima yang berperan aktif untuk mensukseskan program laju vaksinasi di Kabupaten Bima.

"Saya ucapkan terimakasih," ucap Kapolda tulus, seraya berharap, semoga kerja bersama tersebut menjadi ladang ibadah dan terbentuknya herd imunity di Kabupaten Bima.

Lanjut ditanyakan adakah unsur paksaan dalam mencapi target vaksinasi pada masyarakat Kabupaten Bima? 

Kapolda mengatakan, masyarakat secara mayoritas dapat menilai serta melihat apa yang telah dilakukan oleh seluruh perangkat yang kita turunkan sampai ke pelosok desa. 

"Semua perangkat tidak memaksa, tapi capaian ini dapat dipenuhi karena kesadaran dan peduli masyarakat sendiri serta dibantu Bupati Bima melalui seluruh perangkat yang ada," tutup Kapolda singkat. (KB 001*/Tim)

Posting Komentar

0 Komentar