Genjot Pencapaian Vaksin, DIR Resnarkoba Polda NTB Tak Kenal Waktu

 

BimaNTB_Kupasbima.com. Dihari kedua lawatan kerjanya Dir Reserse Narkoba Polda NTB Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma Putra Rauf, SIK, kali ini mengunjungi dan mengelilingi Desa di Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima. Senin (21/2/22). Setelah kemarin memantau pelaksanaan vaksin di Desa Piong dan Desa Taloko usai dari Kecamatan Madapangga Minggu( 20/02/22).

Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko SIK dalam keterangan persnya dirilis Kasi Humas Iptu Adib Widayaka menuturkan, sesampainya di Polsek Sanggar Pamen Polri ini bertemu dan memberikan pengarahan kepada Seluruh Kades, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa se- Kecamatan Sanggar terkait percepatan vaksinasi di Kabupaten Bima khususnya Kecamatan Sanggar.

Helmi menyampaikan bahwa Kehadirannya ditugaskan menjadi Pamatwil untuk Kecamatan Sanggar, Madapangga dan Kecamatan Tambora. 

"Kami membawa tim nakes dari Biddokkes Polda NTB tujuannya supaya proses percepatan vaksin di Sanggar berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh Negara," pungkas Helmi.

Lanjutnya, Vaksinasi dosis ke 2 di Kecamatan Sanggar masih kurang, target yang harus kita capai kurang lebih 90 % untuk dosis 1 dan 80 % ke atas untuk dosis 2, sesuai dengan instruksi presiden.

"Malam ini saya hadir agar Kecamatan Sanggar tidak boleh kalah dari Kecamatan yang lain, kalau Kecamatan lain mampu maka Sanggar juga harus mampu, jadi ini merupakan pertaruhan nama baik kita di Kecamatan Sanggar, dengan demikian mari kita semangat agar proses percepatan vaksinasi berjalan dengan baik, dan mencapai target," ajaknya.

Pamen Polri ini sangat yakin dengan semangat seluruh kepala desa yang hadir pada malam ini, Kecamatan  Sanggar akan mampu mencapai hasil yang sangat bagus dari Kecamatan lainnya, Kalaupun ada hambatan/kendala agar tim Nakes segera laporkan ke Danposramil atau Kapolsek Sanggar, sehingga kegiatan vaksinasi harus tetap berjalan.

Terkait adanya kendala kebutuhan jenis vaksin bahwa untuk dosis satu moderna harus digunakan moderna juga pada dosis kedua, sedangkan untuk dosis satu yang digunakan moderna bisa menggunakan sinovak pada dosis ke 2 namun dengan jeda/interfal waktu yang harus lama, dengan demikian tugas kita agar bisa memberikan sosialisasi/pemahaman kepada masyarakat terkait kebutuhan vaksin.

Dia juga menekan agar Kapolsek Sanggar dapat mengkoordinir semua tim vaksinasi dari Puskesmas Sanggar degan tujuan memberikan semangat dan memperkuat kerja para tim vaksinasi guna mempercepat proses vaksinasi di Kecamatan Sanggar.

Diresnarkoba menghimbau  Kapolsek dan Danposramil bisa bekerja sama dengan pemerintah desa untuk mengetahui data valid/riil jumlah masyarakat dan gunakan seluruh ketua RT di desa masing-masing agar data jumlah masyarakat yang layak vaksin dapat diketahui dengan jelas. Selain dari kapolsek dan danposramil, seluruh babinsa dan babinkamtibmas juga wajib mengetahui data jumlah warga yang harus di vaksin.

"PJU Polda NTB ini berharap kepada Kepala Desa se_Kecamatan Sanggar untuk membantu agar percepatan vaksinasi terlaksana di  Sanggar karena peran kepala desa sangat besar dalam membantu keberhasilan percepatan vaksinasi dan juga sebagai penentu utama dalam percepatan pencapaian vaksin," jelas Helmi.

Sementara itu Camat Sanggar Ahmad SH, dirinya mewakili masyarakat mengatakan sangat beruntung mendapat Pamatwil dari Polda NTB yaitu Bapak Dir Resnarkoba yang begitu semangat luar biasa terutama untuk memotivasi para Kepala Desa  dalam mengejar target selama 14 hari, harus bisa mencapai 100%.

Kata Camat, Kecamatan Sanggar pencapaian tertinggi yaitu Desa Oi saro melebihi prosentase untuk Dosis pertama, dan pencapaian terendah di Desa Kore  55% untuk dosis pertama. "Kami berharap, kita abaikan pencapaian tertinggi maupun terendah tersebut, namun semua desa harus bekerja secara maksimal untuk mengejar pencapaian dosis 2 yang masih sangat rendah," harapnya.

Senada dengan itu Kepala PKM Sanggar Fatimah S.kep mengatakan, Tim vaksinasi di PKM Sanggar terdiri dari 2 tim dengan anggota masing-masing 8 orang, yang dalam kegiatan sehari-hari turun di Desa sebanyak 1 tim, dan 1 tim lagi menerima pelayanan vaksin di PKM.

"Dengan adanya bantuan tenaga vaksinasi dari Polda NTB untuk kegiatan ini sangat membantu kelancaran giat vaksin dalam mengejar target percepatan pencapaian vaksin di wilayah Kecamatan Sanggar," Terangnya.

Hadir dalam kegiatan Tersebut Pamatwil Dari Polda NTB  Dirnarkoba Kombepol Helmi Kwarta Kusuma Putra Rauf, S.Ik M.H, Pamatwil Polres Bima Kasat Narkoba AKP Wahyudin, Camat Sanggar Ahmad, SH, Kapolsek Sanggar Iptu Muhtar, Danposramil Sanggar Peltu Barahima, Kepala Puskesmas Sanggar Fatimah, S.Kep, seluruh Kepala Desa Se-Kecamatan Sanggar dan Seluruh Bhabinkamtibmas, Babinsa Se Kecamatan Sanggar.

"Pemerintah Kecamatan dan juga Desa serta tim vaksinasi dari Puskesmas Sanggar sangat mengapresiasi support yang disampaikan oleh Pamatwil dari Polda NTB dan berjanji akan melaksanakan proses percepatan vaksin dengan secepatnya demi membanggakan nama baik Kecamatan Sanggar". tutup Adib. (KB 001*/TIM)

Posting Komentar

0 Komentar