Dedikasi Kades Tente Luar Biasa Membangun Desa

 


Bima_Kupas.Info. Kades Tente terus berupaya memperkuat pasar rakyat melalui program revitalisasi pasar rakyat. Dengan revitalisasi menurut Azhar, pasar rakyat akan memiliki fasilitas penunjang yang lebih baik untuk mendukung pemulihan ekonomi rakyat akibat pandemi Covid-19.


"Ini desain pasar rakyat persiapan pusat kuliner Desa Tente dengan jumlah 10 unit kios di bangun dari DDS," terang Azhar yang akrab disapa Bos AZ ini.


Perekonomian Indinesia khususnya di Desa Tente tidak terhindar dari pandemi Covid-19. Pasar rakyat merupakan salah satu cara pihak kita memulihkan ekonomi rakyat akibat dari dampaknya.


"Untuk itu, Pemerintah terus berupaya memperkuat pasar rakyat melalui revitalisasi fisik dan manajemen pengelolaan guna mempercepat pemulihan ekonomi desa,” kata Azhar saat berkunjung ke Pasar Kuliner, Desa Tente, Rabu (14/4/21) malam.


Dalam peninjauan Pasar, Kades Azhar melihat kondisi terkini sarana dan prasarana yang terdapat di pasar yang baru dibangunnya tersebut. Hasil peninjauan Pasar hari ini pihaknya akan segera koordinasikan bersama pemerintah Kecamatan  terkait teknis untuk membahas rencana peresmian operasionalnya.


Azhar menyebut program pembangunan dan revitalisasi pasar mendapat perhatian serius dari masyarakat, pemerintah Kecamatan dan bahkan Pemerintah Daerah. Sebab, pasar rakyat berperan sebagai penggerak perekonomian lokal Desa, Regional dan nasional, sekaligus wadah interaksi sosial budaya masyarakat sekitar pasar. 


"Salah satunya, dengan pembangunan dan revitalisasi pasar, baik secara fisik maupun manajemen pengelolaannya dengan melakukan pembinaan bagi pengelola pasar rakyat serta meningkatkan kapasitas pedagang," ucap Azhar.


Setelah direvitalisasi, pasar rakyat diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para pedagangnya. Pasar yang telah direvitalisasi juga diharapkan mampu berperan sebagai penyangga ketersediaan kebutuhan, sehingga nantinya akan menjadi barometer pedagang di tingkat Desa, Kecamatan dan Daerah.


"Kenaikan transaksi dari pasar yang nyaman dan sudah dibangun dengan memenuhi SNI Pasar Rakyat dan protokol kesehatan diharapkan bisa meningkat signifikan,"  kata Azhar menutup pembicaraannya.(imink*/Red). 

Posting Komentar

0 Komentar