Pekerjaan Akses Jalan Wisata Desa Lere Sukses

Akses Jalan Wisata Desa Lere. Foto : Mhus

Bima_Kupas.Info. Melalui DDS Desa Lere merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Parado Kabupaten Bima, yang mana saat ini sangat mulai menonjol di bidang infrastruktur seperti Jalan. 

Saat ini sudah mulai terealisasi dengan baik oleh Kepala Desa Lere Jufrin, S.Pdi dengan mengunakan dana DDS, dan sudah dapat dirasakan oleh masyarakat setempat saat ini. Senin (10/8/20).

"Pekerjan jalan akses wisata Desa Lere berjalan lanjar", ungkap Jufrin. 

Lanjutnya, pekerjaan jalan tersebut mulai dari RT 08 dusun 3 Desa Lere sampai ke pantai mata berjalan sukses. Langkah awal untuk memperoleh dana desa ini banyak sekali manfaatnya dan yang sangat di butuhkan oleh masyarakat terutama dibidang infrastruktur salah satunya adalah jalan, jembatan, untuk jalan sendiri waktu itu banyak sekali yang rusak namun melalui dana desa jalan yang rusak tersebut sudah di pelihara dengan baik juga sudah dilakukan pelebaran jalan saat ini.

Jufrin yang dimintai tanggapannya menjelaskan bahwa, dana ADD dan DDS itu berbeda kalau untuk dana ADD itu tidak terfokus pada pembangunan, ADD itu untuk operasional pemerintahan desa, kelembagaan dan pembinaan sementara dana desa ini tertuang untuk pembangunan.

"Saat dana desa turun kepala desa melakukan musyawarah terlebih dahulu apa saja yang harus di bangun yang di butuhkan masyarakat tersebut", bebernya.

Sementara dalam membangun sesuatu untuk saat ini tidak lagi dari kepala desa itu sendiri melainkan melalui musyawarah bersama masyarakat setempat dan tidak lepas dari musyawarah desa itu sendiri dan mengundang setiap dusun-dusun, dan setiap dusunnya harus tersentuh semua untuk dilakukan penetapan pembangunan.

Untuk anggaran itu sendiri bervariasi sesuai dengan kebutuhan, sebelum melakukan pembangunan langkah awalnya melakukan perencanaan di iringi dengan RAB (Rencana Anggaran Biaya) yang dibuat oleh konsultan salah satunya adalah sarjana teknik untuk mengetahui berapa saja anggaran yang di pakai saat melakukan pembangunan.

Partisipasi masyarakat Desa Lere saat ini sangat mendukung, melalui dana desa masyarakat sangat berharap yang paling utama adalah infrastruktur salah satunya adalah jalan, karena jalan adalah lintas dan untuk kelancaran ekonomi masyarakat Desa Lere itu sendiri.

Tambah Jufrin, untuk hubungan Komunikasi BPD dan Kelapa desa hari ini sangat baik, artinya tidak ada saling bertolak belakang, sementara untuk BUMDES hari ini masih bergerak di simpan pinjam jadi alhamdulillah untuk saat ini sudah berjalan dengan baik.

"Hari ini saya masih fokus pada Infrastruktur melalui dana desa tersebut saya gunakan untuk melakukan pembangunan seperti Jalan ini. Harapan saya pada tahun 2021 nanti insya Allah mana jalan yang belum terealisasi terutama yang masih ada kendala bagi masyarakat, insya Allah untuk anggaran dana desa tahun 2021 nanti bisa tercover semua," harapnya. (KI.Mhus*/Red)

Posting Komentar

0 Komentar