Safari Ramadhan Kecamatan Woha di Nisa, H. Mujiburrahman : Sehari Berpuasa Dijauhkan Dari Api Neraka Selama 70 Tahun Perjalanan

 

Kupasbima.com_BimaNTB. Safari ramadhan Tingkat Kecamatan Woha Kabupaten Bima 1444 H/2023 M yang dipimpin langsung oleh Camat Woha. Kamis tanggal 9 April 2023 Pukul 19.00  Wita.

Kegiatan safari ramadhan juga dihadiri Sekcam Woha, Danramil 1608-04 Woha, Kapolsek Woha, Kepala Depag Kabupaten Bima, Kepala KUA Woha, Lembaga desa, Toga, Tomas,Topem, Topend, Alim ulama maupun masyarakat secara umum Desa Nisa.

Camat Woha Irfan M. Nor, S. Sos bersama rombongan tiba di Mesjid Al Ikhlas Desa Nisa langsung melaksanakan sholat Isya dan bertindak sebagai Imam Ustadz Drs. H. Syarifuddin KUA Woha.

Penyampaian Qultum Ramadhan oleh  Ustadz H. Mujiburrahman S.Ag, menyampaikan, Islam adalah agama rahmatallil alamiin. Mari kita sampaikan sholawat atas Nabi Muhammad SAW, karena pahala sholawat di terima langsung oleh Allah SWT, Bahkan sholatpun tidak syah apabila tidak ada sholawat atas Rasulullah. Allah sampaikan, jikalau bukan karena kamu Muhammad tidak akan aku jadikan dunia dan isinya.

Lanjut Ustadz, Puasa Ramadhan adalah ibadah dengan menahan lapar dan haus serta hawa nafsu yang harus dilaksanakan umat muslim ketika ramadhan tiba.

"Meski berat, puasa akan menjadi terasa indah dan nikmat jika dilandaskan pada keyakinan bahwa ini adalah perintah dari Allah SWT," Tegas Ustadz.

Adapun Fadilah dan keutamaan yang diberikan kepada orang-orang yang berpuasa di bulan suci ramadhan sesuai dengan janji Allah SWT. Beberapa keutamaan puasa sebagaimana dikabarkan oleh Rasulullah SAW diantaranya :

Pertama Mendapat balasan langsung dari Allah berdasarkan berfirmannya dalam hadits qudsi : "Orang yang berpuasa itu meninggalkan makan, minum dan syahwatnya karena taat pada perintah Allah. Puasa adalah untukku (Allah)  dan Aku akan memberikan balasannya, sedang sesuatu kebaikan itu digandakan dengan sepuluh kali lipat pahalanya." (HR Bukhari Muslim).

Kedua, Masuk Surga Melalui Pintu Rayyan Dari Abu Said r.a.: "Rasulullah SAW., bersabda : "Barangsiapa yang termasuk dalam ahli puasa, ia akan dipanggil dari pintu Rayyan."

Ketiga, Sehari berpuasa di jauhkan dari 70 tahun Neraka. Dari abu said Ra "Rasulullah SAW bersabda,"tiada seorang hambapun berpuasa seharian dengan niat fisabilillah yaitu semata-mata sesuatu ketaatan kepada Allah SWT melainkan akan menjauhkan wajahnya yakni dirinya karena puasanya tadi sejauh perjalanan 70 tahun dari neraka.

Keempat, Diampuni Dosa-dosanya terdahulu. Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Nabi bersabda, "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena di dorong oleh keimanan dan mengharapkan keridhaan Allah, maka di ampunkanlah untuknya dosa-dosanya yang terdahulu," (Muttafaq 'alaih).

Kelima, Ada Keberkahan di dalam makan sahur, Rasulullah saw., bersabda: "Makan sahurlah kalian, karena pada makan sahur itu terdapat keberkahan," (HR Muslim).

Keenam, Senantiasa dalam Kebaikan selama berbuka. Rasulullah SAW bersabda, "Orang-orang itu senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka. 

"Semoga kita semua selama puasa berlangsung bisa mendapatkan keutamaan puasa Ramadhan," Harap Ustadz.

Sementara Camat Woha Irfan HM. Nor, S. Sos dalam sambutannya mengatakan, Selaku Camat Woha berterimakasih serta apresiasi yang cukup tinggi kepada segenap masyarakat Desa Nisa, Semoga kehadiran kami semua pada malam hari ini menjadi suatu kebahagiaan untuk semuanya. Karena kami rombongan Safari tingkat Kecamatan Woha melaksanakan kegiatan ini sebagai agenda rutin pada tiap tahun di bulan ramadhan.

"Tentu dengan kehadiran kami mungkin sedikit mengganggu keterlambatan ibadah bapak ibu ,Tapi insya Allah sesuai janji Allah apalagi di tempat yang mulia ini akan diberikan satu rahmat, berkah untuk umatnya yang menghadiri majelis ilmu. Mari kita isi bulan ramadhan ini dengan melakukan aktifitas yang bermanfaat," Camat yang familiar dan murah senyum tersebut.

Kata Odu, Mudah-mudahan amal baik kita selama berjalannya puasa ini diterima oleh Allah SWT. Selanjutnya mari kita tetap menyampaikan salam serta sholawat untuk manusia agung baginda Muhammad SAW, karena ibadah yang pasti di terima oleh Allah adalah sholawat atas Rasulullah Muhammad SAW. 

"Rasulullah Muhammad sampai menghembuskan nafas terakhirnya tetap membisikan terhadap sahabatnya sayyidina Ali untuk tetap mengingat dan menyebut umatnya," Ingat Odu.

Disisi lain, Terkait keamanan saya mengajak semua komponen agar dapat bekerjasama saling menjaga serta melaksanakan tugas sesuai dengan peran masing-masing. Karena hal ini tanpa kebersamaan tidak mungkin keamanan dan ketertiban dapat terjaga dan terwujud. "Alhamdulillah Desa Nisa adalah cukup aman dan perlu kiranya hal ini dapat di jaga dengan baik," Harapnya.

Terkait zakat fitrah, kami sampaikan agar membawa zakat pada petugas yang ada di desa di bawah naungan BAZNAS. Karena selama ini kebiasaan kita membawa zakat pada guru ngaji. Ada delapan ASNAB yang harus di tanggung oleh penerima Zakat di bulan ramadhan adalah bulan berbagi maka jangan lupa Zakat Mall kita keluarkan dan serta bantu keluarga kita yang sangat membutuhkan.

"Selanjutnya kaitan pajak bumi bangunan mari kita maksimalkan bayar pajak tersebut, perlu kita sadari bahwa membayar pajak itu penting" Tutup Odu. (KB 000*/Red).

Posting Komentar

0 Komentar