Ramadhan Berbagi, Kapolsek Woha Bagi-Bagi Takjil Pada Pengguna Jalan

 

Kupasbima.com_BimaNTB. Berbagi takjil adalah memberi makanan untuk orang yang berpuasa menjelang berbuka dan hal ini merupakan perkara sunnah dan mendapatkan pahala orang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang tersebut.

Untuk berbagi takjil bisa dilakukan di tempat ibadah seperti masjid dan musholla atau tempat lalu lalang kendaraan di jalanan, tujuan utamanya adalah makanan yang sudah dipersiapkan bisa sampai ke tangan dengan aman. Rabu (5/4/23) sore menjelang buka puasa.

Kapolsek Woha AKP Saiful Anhar, S. Sos yang dimintai tanggapannya pasca pembagian takjil, Bagaimana jika berbagi takjil di jalanan justru mengganggu pengguna jalan lain sebab terjadi rebutan dan tidak tercipta ketertiban di jalan?, Kapolsek dengan tegas mengatakan perasaan terganggu dari pengguna jalan tidak bisa dihindari, kegiatan yang kesannya baik bisa buruk.

"Berbagi takjil di jalan yang dilakukan oleh persatuan Mako Polsek Woha ini menawarkan langsung makanan di pinggir jalan agar diterima oleh pengguna jalan baik pengendara roda dua dan roda empat, pengambilan lokasi pembagian takjil kami sesuaikan dengan kemampuan jangkauan personil kami yang mengatur laju kendaraan," Beber Kapolsek.

Dikutip dari islam.nu.or.id, hukum asal dari berbagi makanan untuk berbuka puasa adalah sunnah sebagaimana hadits Nabi Saw yang berbunyi “Siapa yang berbagi takjil kepada orang yang berpuasa, maka ia mendapatkan pahala puasa tanpa mengurangi pahala puasa orang yang ditraktir takjil".

Berdasarkan kutipan dalil inilah kami berbagi takjil dijalan yang ramai pengendara. Artinya tidak menutup kemungkinan terjadi kemacetan jika ada kejadian di baris depan atau kendaraan paling depan berhenti karena suatu hal, ini menimbulkan kekesalan karena jalan harus terhenti, terlebih dalam waktu yang cukup lama.

Harapan kami, penerima takjil bisa sampai tepat waktu ke rumah dan berbuka bersama keluarga.

"Oleh karenanya pembagian takjil di jalanan diharapkan melibatkan seluruh petugas atau personil kapolsek agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan pengguna jalan, terlebih saat menjelang maghrib dimana orang-orang dengan sedikit buru-buru ingin segera sampai kerumah berbuka puasa bersama keluarga," Harap Kapolsek.

Sebagai pucuk pimpinan, saya harus mendukung upaya ini, kalau program ini sukses artinya seluruh personil anggota polsek Woha sukses. 

"Semoga ini dapat melahirkan jiwa kebersamaan serta rasa cinta antara kita sesama muslim". Tutupnya. (KB 00*/imink).

Posting Komentar

0 Komentar